Medanseo.com

Just another Wordpress site

Octopress itu apa ya ??

Octopress itu apa yaOctopress adalah Blogging Framework ialah framework blog yang bisa digunakan untuk membuat blog atau website ~ Ada beberapa artikel yang membahas cara menginstall octopress, cara menggunakan octopress, cara install octopress dan deploy ke github page sepertinya itulah kalimat yang tepat.

Octopress itu apa ya ….. sebenarnya banyak juga lho yang migrasi dari WordPress ke Octopress begitu juga sebaliknya banyak juga yang kembali ke wordpress karena terlalu pusing ngeblog menggunakan octopress. yang jelas ialah Octopress memang benar-benar engine blog bukan untuk pemula namun setidaknya anda telah mengerti Html, css dan lebih bagus lagi bila mengeti pemrograman ruby. kenapa Ruby ?? karena website/blog octopress dibangun berdasarkan pemrograman ruby. Jadi kalau wordpress dibangun berdasarkan kode PHP maka Octopress dibangun diatas ruby.

Bagaimanapun juga Octopress sangat terkait dengan jekyll karena Otopress dikembangkan dari Jekyll kenapa bisa dikembangkan ialah karena Jekyll adalah opensource. Kalimat sederhana untuk menjelaskan open source ialah bisa di edit, diubah, dioprek sesuai selera penggunanya.

Octopress ialah termasuk dalam rangkaian web Static gen , dalam hal ini anda jangan salah mengerti tentang Static Web. beberapa penjelasan mengatakan bahwa web statis kurang bagus namun Jekyll dan Octopress dkk disebut web statis karena tidak menggunakan query database seperti yang digunakan oeh wordpress dan web lainnya.

lalu bagaimana cara kerjanya jika tidak menggunakan database ??? wahhh sebenarnya agak sulit dijelaskan … namun saya akan coba. menurut beberapa penjelasan dari yang mengerti cara kerja mysql dan database maka website yang menggunakan wordpress ialah menggunakan mysql dan database sehingga ketika browser anda membuka medanseo.com ini maka browser sebenarnya meminta koneksi database tempat semua (file disimpan). Jadi bila koneksi database anda kurang mantap maka load website jadi lambat.

Ini benar-benar sangat berbeda dengan Jekyll dan Octopress yang loadingnya sangat cepat dan ringan karena di deploy ke server dan yang ditampilkan di server adalah hanya kode html sehingga loading blog memang sangat cepat hal itu tentu sudah terbukti. sebenarnya Octopress juga bisa di deploy ke ftp namun jika sudah memiliki banyak postingan maka akan sedikit repot.

Octopress bisa digunakan setelah di install di localhost yakni di komputer anda sendiri. jadi setelah di clone dari repository maka akan berupa folder di komputer anda kemudian di generate yang akan menjadi website. kemudian setelah di generate maka anda juga bisa melakukan pratinjau alias preview dahulu. Jika sudah bisa di generate maka tentunya website perlu di deploy ke server.

Menurut pengalaman saya dan beberapa pengguna lainnya bahwa octopress lebih mudah di install di lingkungan Linux dll dan juga Operari sistem Mac. Saya sudah berkali- kali install di operasi sistem sejuta umat :smile :yakni windows namun selalu gagal dan itu pula awal kenapa saya akhirnya migrasi dari windows ke linux. ya… saya akui memang untuk user friendly ya windows memang bagus namun untuk deploy website, menggunakan CMD (commandline) linux lebih mantap. Saya sudah mencoba install octopress di linux Ubuntu, lInux Mint dan juga Kali Linux dimana kali linux merupakan kelanjutan dari Backtrack.

Pingin Install Octopress ???? lihat tutorialnya ada banyak tuh…. atau kalo ada waktu akan saya jelaskan karena menurut saya ruit untuk dijalsakn kalo tidak lengkap …… oke makasih telah berkunjung.

 

kenapa blog saya malah beralih dari Octopress menggunakan wordpress ??? ini yang perlu anda baca :

 

Oke kemarin cukup lama lho blog ini menggunakan Octopress yang di deploy ke github, sesuai dengan TOS di github maka akun saya beberapa kali di suspend atau dihapus. Setelah mencoba beberapa kali maka akhirnya saya ga host di github lagi. kali ini saya benar-benar memikirkan untuk deploy ke ftp yakni. akhirnya saya dapat deploy ke ftp namun agak repot juga. saya kemudian menemukan git-ftp yang lebih mudah dalam deploy Octopress ke ftp namun ketika artikel semakin banyak ya makin repot juga. Oleh karena itu saya kembali menggunakan wordpress. Hal yang belum saya lakukan ialah deploy octopress ke VPS, virtual Private Server, memang belum sempat saya lakukan karena sewa VPS lumayan tinggi sehingga saya tunda dulu.

Oke… yang jelas saya cukup lama menggunakan Octopress , jika anda membandingkan antara Octopress dan WordPress maka kedua benar-benar memiliki keunggulan. misalnya wordpress kaya dengan plugin jadi ga peru ribet. Jika anda suka koding maka Octopress juga sangat tepat.

 

Walaupun dalam artikel ini saya tidak menjelaskan cara install octopress namun setidaknya berguna bagi yang belum tau apa itu octopress.

 

web resmi octopress : http://octopress.org/

 

Updated: September 14, 2017 — 2:16 pm
Medanseo.com © 2017 DMCA PROTECTED